BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui bersama jika
komunikasi merupakan elemen terpenting yang diberikan tuhan kepada manusia,
karena dengan komunikasi kita menjadi mahluk hidup bukan benda lagi, komunikasi
bisa menghidupkan nyawa sosial yang menjadi harapan kita untuk tetap berperan
sebagai manusia
Selain komunikasi ada juga faktor penting yang
harus kita lakukan, yaitu bisnis, karena dengan bisnis kita bisa menghasilkan
simbiosis mutualisme untuk memenuhi kebutuhan dan hasrat hidup kita sebagai
manusia. Jika komunikasi adalah elemen yang membedakan kita sebagai makhluk
hidup dengan benda, bisnis juga merupakan elemen penting yang tidak hanya
membedakan kita dengan benda, tetapi juga membedakan kita sebagai manusia
dengan hewan.
Nah, jika kita gabungkan dua kekuatan elemen
ini, Komunikasi dengan Bisnis, pasti akan menjadi sesuatu yang luar biasa,
terlebih jika kita berhasil menguasai penyatuan keduanya ini.
Karena Komunikasi bisnis ini merupakan
komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma
yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukan komunikasi. Biasanya
komunikasi bisnis memiliki aturan yang ketat, keras, formal, terstandart dan
tanpa toleransi.
Dengan timbulnya situasi ” Ekonomic Of Relatife
Plenty ” dewasa ini pengusaha harus berusaha untuk menutup jurang yang
terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku pembeli atau
pemakai barang dan jasa yang dihasilkan. Menjadi tugas dan tanggung jawabnya
selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat mempengaruhi besarnya permintaan
akan barang produksi perusahaannya, selalu berusaha untuk mencari pembeli yang
dihasilkannya. Sebagai pengusaha dia harus memberitakan penyempurnaan-
penyempurnaan produksi yang telah dicapainya, dimana barang yang di hasilkan
dapat diperoleh masyarakat atau konsumen.
Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar,
merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen terutama untuk Lamborghini
Indonesia yang menghasilkan produk secara besar-basaran yang ditunjukan kepada
para konsumen yang tidak dikenalnya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar
juga dapat disebut suatu syarat mutlak bagi pengusaha yang ingin menjamin
kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis ada aneka sarana
komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk
berkomunikasi dengan konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang
tersedia antara lain dalam wujud pengirimin surat, pengiriman barang, percakapan
telepon, kunjungan pribadi dll.
Jenis-jenis sarana komunikasi perdagangan yang
disebut tadi hanya sesuai bilamana dipergunakan dalam daerah pemasaran barang
dan jasa yang ruang lingkupnya terbatas.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, dapat dirumuskan bahwa :
1. Profile Perusahaan?
2. Struktur
Organisasi Perusahaan?
3. Bagaimana Sistem Pemasarannya ?
4.
BagaimanaAnalisis SWOT ?
1.3.
Tujuan
Berdasarkan
uarian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuannya adalah :
Untuk mengetahui strategi
pemasaran produk yang diterapkan pada LAMBORGHINI
INDONESIA terhadap konsumen.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Kerangka
Teori
Komunikasi
adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara
dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif atau
menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu
organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.
Komunikasi bisnis adalah
pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol
tertentu.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
a. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
b. Pesan yang dikirimkan (message)
c. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel atau media)
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
e. Umpan balik (feedback) atau effect.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
a. Pengirim pesan (sender atau komunikator)
b. Pesan yang dikirimkan (message)
c. Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery channel atau media)
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan); dan
e. Umpan balik (feedback) atau effect.
Untuk dapat mengembangkan
kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara personal maupun
professional paling tidak kita harus menguasai empat jenis keterampilan dasar
dalam berkomunikasi, yaitu :
a. menulis,
b. membaca,
c. berbicara; dan
d. mendengar.
a. menulis,
b. membaca,
c. berbicara; dan
d. mendengar.
2.2.
Bentuk Komunikasi Bisnis
1. Komunikasi Tertulis
Pesan-pesan tertulis memiliki
berbagai bentuk seperti surat, memo, proposal, laporan. Salah satu keuntungan
komunikasi ini adalah :
· Catatan permanen
· Pesan yang terencana
· Ekonomis
· Distribusi lebih mudah
Penulis memiliki
kesempatan untuk merencanakan dan mengendalikan pesan-pesan mereka. Format
tulisan diperlukan jika informasi yang disampaikan bersifat kompleks,
dibutuhkan catatan permanen
untuk referensi di masa yang akan datang.
2.
Komunikasi
Lisan
Salah satu kebaikan dari komunikasi lisan (oral
communication) adalah
·
Bisa
menangkap nonverbal
·
Mudah
·
Feedback
langsung
Kemampuan dalam memberikan umpan balik dengan
segera digunakan bila pesan yang disampaikan adalah sederhana, tidak perlu
catatan yang permanen. Komunikasi lisan mencakup percakapan, telepon,
wawancara, rapat konfrensi dan lain-lain.
2.3.
HAMBATAN KOMUNIKASI BISNIS
Komunikasi seringkali terganggu atau bahkan
dapat menjadi buntu sama sekali. Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam
proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :
Ø Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
Ø Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi.
Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini, seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
Ø Hambatan
Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
Menurut Cruden dan Sherman, hambatan ini mencakup :
·
Hambatan
yang berasal dari perbedaan individual manusia, seperti perbedaan persepsi,
umur, keadaan emosi, status, keterampilan mendengarkan, pencarian informasi,
penyaringan informasi.
·
Hambatan
yang ditimbulkan oleh iklim psikologis dalam organisasi atau lingkungan sosial
dan budaya, seperti suasana dan iklim kerja serta tata nilai yang dianut.
Beberapa
hal yang menghambat komunikasi bisnis:
v Iklim
komunikasi tertutup, karyawan sedikit mengetahui tentang perusahaan, informasi
dikuasasi oleh pemimpin.
v Struktur
organisasi yang besar dan berjenjang, distorsi, penyampaian tertunda, persepsi
berbeda.
v Filtering,
pesan dirubah, diperpendek atau diperpanjang.
v Tidak percaya,
merasa diperdaya, dimanipulasi atau diperlakukan dengan tidak adil.
v Rivalitas antar
karyawan, saling merahasiakan informasi yang bisa menguntungkan orang lain.
Beberapa hal untuk mengatasi hambatan
komunikasi bisnis:
v Mendorong iklim
komunikasi terbuka, mendorong masukan dan feedback dari karyawan
v Menyederhanakan
struktur organisasi, mengurangi layer, informasi lebih cepat
v Mempromosikan
komunikasi horisontal, meningkatkan moral, menambah ide-ide.
v Membuat pusat
isu, karyawan bisa mengkonfirmasi isu yang berkembang
v Membuat saluran
formal seperti newsletter untuk memuat berita/informasi perusahaan
BAB III
PEMBAHASAN
3.1.
Profile Perusahaan
A. Sejarah Perusahaan
Automobili-Lamborghini S.p.A.,
sering disebut Lamborghini adalah sebuah pembuat mobil di Italia.
Perusahaan ini didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963, Automobili Lamborghini
yang bermarkas di Sant'Agata Bolognese, di Northeastern
Italia. dengan tujuan
untuk menghasilkan mobil grand wisata yang dapat bersaing dengan mobil [2]yang
telah ada dipasaran terlebih dahulu seperti Ferrari.
Model pertama
perusahaan Lamborghini dirilis pada pertengahan tahun 1960, kemudian dicatat
untuk perbaikan, kekuasaan, dan kenyamanan. Lamborghini mendapat banyak
pujian pada tahun 1966. Setelah beberapa dekade, masa sulit menimpa perusahaan
di pertengahan tahun 1970-an, seperti penjualan anjlok karena krisis moneter
dunia 1973 dan krisis minyak. Setelah melewati masa kebangkrutan dan tiga kali
perubahan kepemilikan, Lamborghini menjadi anak perusahaan dari Chrysler pada
tahun 1987.
Kurangnya
keberhasilan Lamborghini terus berlanjut
sampai tahun 1990-an, sampai perusahaan itu dijual pada tahun 1998 kepada Audi
, anak perusahaan dari Grup Volkswagen , sebuah Perusahaan otomotif
Jerman. Kepemilikan Audi menandai awal dari sebuah periode
stabilitas dan peningkatan produktivitas untuk Lamborghini, dengan penjualan
meningkat hampir sepuluh kali lipat selama tahun 2000-an, memuncak pada rekor
penjualan pada tahun 2007 dan 2008.
Showroom Lamborghini pertama di Indonesia
didirikan pada Februari 2009 meskipun keadaan krisis global yang sedang
melanda dunia saat itu. Jimmy Rianto, brand manager Lamborghini Jakarta pada
saat itu mengatakan pendirian showroom pertama di saat krisis global ini
menandakan bahwa Lamborghini masih tetap bisa bertahan bahkan di tengah masa
sulit. Dealer di Jakarta sebagian dimiliki oleh Melvin Goh, yang juga merupakan
pemilik keagenan Lamborghini di Malaysia dan Singapura. Sebagian besar saham
perusahaan dipegang oleh investor lokal, tanpa elaborasi. Hutomo Mandala Putra,
putera dari mantan presiden Soeharto, memiliki 60% dari perusahaan sebelum
menjualnya di tahun 2008. Pada kuartal akhir 2014, Lamborghini Huracan resmi
dipasarkan di Indonesia. Kenaikn pajak barang mewah dan bahan bakar, tidak
menyurutkan pihak Lamborghini Indonesia untuk meluncurkan produk terbarunya
tersebut. Harga yang dibandrol sekitar 8,8 milyar rupiah.
Ada beberapa produksinya yang paling dicari mobil super
sport dunia. Dengan penyajian Huracán LP
610-4, Lamborghini menawarkan dimensi baru di mobil sport super
mewah.
Dengan 130 dealer di seluruh dunia, Automobili Lamborghini adalah membangun suksesi mobil super sport dinamis dan elegan termasuk 350GT, Miura, Espada, Countach, Diablo, Murcielago, Reventón Coupe, Roadster Reventón, Aventador dan Gallardo.
Dengan 130 dealer di seluruh dunia, Automobili Lamborghini adalah membangun suksesi mobil super sport dinamis dan elegan termasuk 350GT, Miura, Espada, Countach, Diablo, Murcielago, Reventón Coupe, Roadster Reventón, Aventador dan Gallardo.
B. Visi Dan Misi
Ø Visi
: Menciptakan mobil Lamborghini sebagai mobil yg terbaik diseluruh dunia
Ø Misi
: Dapat menciptakan inovasi produk yang lebih beragam lagi
Senantiasa
menjadikan perusahaan dapat lebih maju dan berkembang lagi
C. Merk Dagang
‘’LAMBORGHINI’’ adalah merek dagang figuratif dan denominative
milik Automobili Lamborghini SpA, Logo ini
melambangkan zodiak sang pemilik (Banteng = Taurus), Ferrucio Lamborghini. Ia
juga pecinta pertunjukkan matador. Maka dari itu, logo banteng digunakan untuk menunjukkan
image yang kuat dan dapat dibanggakan.
3.2. Struktur
Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi LAMBORGHINI INDONESIA
1. KOMISARIS
a. Melakukan pengawasan dan pengarahan direksi dalam melakukan
pengelolaan perusahaan.
b. Bertanggung jawab atas semua kegiatan
perusahaan.
c. Komisaris
berhak memeriksa pembukuan surat dan
alat bukti lainnya, memeriksa dan mencocokkan keadaan uang kas.
2. GENERAL MANAGER
a. Bertanggung jawab
atas semua kegiatan perusahaan serta wajib memberikan penjelasan tentang segala
hal yang dinyatakan dewan komisaris dan Penetapan sasaran keputusan secara efektif.
3. OPERATIONAL MANAGER
Menagani masalah
operational dalam perusahaan antara lain: logistic, quality, dan supply barang
sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
4. FINANCE MANAGER
a.
Mempunyai wewenang menangani
masalah perhitungan rugi maupun laba yang diperoleh perusahaan.
b.
Membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung
pencapaian target financial ( keuangan ) perusahaan.
5. HUMAN RESOURCES MANAGER
Mengurusi tentang
kepegawaian misalnya perekrutan, pelatihan dan lain lain yang menunjang
perusahaan berkaitan dengan SDM.
6. OPERATION SUPERVISOR
Melakukan pengawasan terhadap
seluruh kegiatan unit staff.
7. FINANCE SUPERVISOR
a.
Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan keuangan
perusahaan meliputi arus kas masuk dan keluar dan mengontrol atas keuangan.
8. MARKETING
a. Melakukan penjualan produk kepada
konsumen.
b. Mempromosikan produk.
c. Mengidentifikasi produk kepada
konsumen yang ingin mengetahui produk.
9. FINANCE
a. Melakukan pencatatan arus kas masuk
maupun keluar dan Melaporkan setiap transaksi keuangan.
10. SERVICE MAN
a.
Melayani jasa pemasangan accessories
produk.
b. Mendistribusikan
produk yang sudah dipesan sebelumnya.
11. KASIR
Melayani pembayaran para konsumen dan
Melakukan setoran keuangan untuk dilaporkan.
3.3. Strategi Pemasaran Perusahaan
A. Distribusi
Perluasan jaringan
penjualan mobil sport Lamborghini berlanjut dengan pesat, di benua Eropa
dibuka diler di Pangbourne Inggris,
benua Asia dibuka diler baru di New Delhi India dan [3]Aoyama
Jepang, dan untuk wilayah Amerika Utara di Vancouver Kanada.
Kehadiran Lamborghini di Pangbourne Inggris merupakan otlet keenam di
negara yang merupakan pasar nomor satu Lamborghini untuk benua Eropa dan
terbesar keempat di seluruh dunia setelah Amerika Serikat, Cina, dan Timur
Tengah. Sementara jaringan pemasaran di Aoyama merupakan yang kelima untuk
wilayah Jepang. Negara ini merupakan kedua terpenting di kawasan Asia-Pasifik
setelah Cina.
Dewasa ini Lamborghini telah memiliki cabang di 45 negara
dengan total 124 dealer. Tahun 2013, strategi pengembangan jaringan penjualan
fokus pada perluasan, pembaharuan, dan reorganisasi lokasi penjualan di pasar
Eropa. Di bawah kepemimpinan Winkelmann, jaringan penjualan meningkat tiga kali
lipat. Demikian disampaikan dalam rilis resmi Automobili Lamborghini S.p.A.
Rabu 1 Oktober 2013.
Mengomentari pembukaan empat jaringan penjualan terbaru
tersebut, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini, Stephan
Winkelmann,mengatakan "pengembangan jaringan pemasaran merupakan satu dari
strategi utama dalam pertumbuhan perusahaan kami". Lebih lanjut Winkelmann
mengatakan sejak tahun 2005 telah terjadi peningkatan jaringan hingga tiga kali
lipat. "Dewasa ini kami merupakan perusahaan global, dan kami bermaksud
untuk lebih baik.
B. VALUE COMPANY
Untuk terus tumbuh dan menciptakan nilai Automobili Lamborghini
membutuhkan [4]organisasi
yang kuat sebagai dasar perusahaan. Oleh karena itu, Automobili Lamborghini
merupakan pasangan ideal bagi karyawan, untuk memperkuat rasa tanggung jawab
dan keinginan mereka dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka.
C. CORPORATE
SOCIAL RESPONSIBILITY
Sensitivitas Automobili Lamborghini
untuk kebutuhan untuk memastikan kondisi kepatutan dan transparansi dalam
urusan bisnis telah menyebabkan adopsi Model Organisasi, Manajemen dan
Pengendalian berdasarkan Keputusan Italia Legislatif 231/2001. Model adalah alat yang kuat untuk meningkatkan
kesadaran orang-orang yang bekerja untuk dan dengan Automobili Lamborghini
berkaitan dengan kebutuhan untuk mematuhi ketentuan hukum karena mereka
melakukan kegiatan mereka, sehingga risiko melakukan tindak pidana dapat
dicegah.
Ini melibatkan meningkatkan transparansi perilaku mereka; yaitu, mengembangkan mentalitas yang diakui publik sebagai terpercaya. Panduan dari organisasi, manajemen dan model kontrol berdasarkan Keputusan Legislatif : 8 Juni 2001, No. 231 bantalan ketentuan yang mengatur kewajiban administrasi badan hukum, perusahaan dan asosiasi termasuk mereka yang tidak dimasukkan dan modifikasi berikutnya. Untuk mengawasi pelaksanaan Model Organisasi 231/2001 dan Kode Etik yang merupakan bagian integral, Direksi telah menunjuk Dewan Pengawas yang akan memverifikasi efektivitas dan kepatuhan dari waktu ke waktu.
Ini melibatkan meningkatkan transparansi perilaku mereka; yaitu, mengembangkan mentalitas yang diakui publik sebagai terpercaya. Panduan dari organisasi, manajemen dan model kontrol berdasarkan Keputusan Legislatif : 8 Juni 2001, No. 231 bantalan ketentuan yang mengatur kewajiban administrasi badan hukum, perusahaan dan asosiasi termasuk mereka yang tidak dimasukkan dan modifikasi berikutnya. Untuk mengawasi pelaksanaan Model Organisasi 231/2001 dan Kode Etik yang merupakan bagian integral, Direksi telah menunjuk Dewan Pengawas yang akan memverifikasi efektivitas dan kepatuhan dari waktu ke waktu.
D. STRATEGI MANAJEMEN PADA ELEMEN MARKETING MIX (4P)
1.
PRODUCT
Brand
name yang digunakan adalah Lamborghini, Lamborghini memperkenalkan berbagai jenis model sejak tahun
1963 dengan model 350GT hingga yang terbaru adalah Gallardo. berikut produk dari Lamborghini yaitu:
a.
Lamborghini
Gallardo
tahun produksi 2004 – 2014 Lamborghini Gallardo memiliki
beberapa variasi: Coupe dan Convertible. Spesifikasi mesin mencakup 5,2 L V10
transmisi manual/ automated manual kecepatan 6, dan transmisi AWD manual/
automated manual. Ekonomi bahan bakar Coupe ini adalah 14/20 MPG dengan total
kursi untuk 2 penumpang. Drivetrain-nya adalah RWD dengan 550 HP pada 8000 RPM.
Torsi yang diproduksi 397 ft lb pada 6500 RPM. Dengan akselerasi yang kuat dan
kecepatan tinggi, juga interior dan eksterior yang terlihat stylish.
Konvertibelnya memiliki hood atas terbuka yang terlihat menarik.
b. Lamborghini Huracan
tahun produksi 2014 - sekarang , Lamborghini Huracan diciptakan untuk
menggantikan Lamborghini Gallardo yang merupakan produk yang paling banyak
diproduksi oleh Lamborghini. Lamborghini Huracan adalah sebuah mobil bebentuk
mid-rear, yang all-wheel drive nya dipasang dengan mesin dual-clutch dan mesin
V10 yang beraspirasi natural sehingga menciptakan 610 hp.Lamborghini Huracan
adalah super mobil yang mampu beraspirasi natural tercepat, yaitu 0-100km/jam
membutuhkan waktu 2,8 detik sehingga lebih cepat dari Nissan GT-R.
c. Lamborghini Avendator
tahun produksi 2011 – sekarang, Lamborghini
Aventador adalah sedan dengan 2 kursi, didukung oleh mesin block V12 6,5 L,
menggantikan 691BHP. Aventador adalah kendaraan cantik yang brutal, terkenal
dengan desainnya yang sangat stylish, bersamaan dengan aerodinamis superiornya.
Bahan dasarnya adalah reinforced carbon fiber dan frame bodi plastik. Saingannya
pada kelasnya mencakup Lexus LFA, Ferrari 599, dan Porsche 911. Lamborghini
berhasil mengungguli saingannya dalam hal kesempurnaan dan kekuatan kasar.
d. Lamborghini
Murcielago
tahun produksi 2001 – 2010, Lamborghini
Murcielago Coupe terdiri dari mesin silinder V12 6,5L, transmisi automated
manual kecepatan 6. Drivetrain-nya berpenggerak 4 roda.Model ini menghasilkan
tenaga 670HP pada 8000 RPM, dengan ekonomi bahan bakar sebesar 9/14 MPG di kota
maupun jalan TOL. Akselerasinya luar biasa, dengan eksterior yang stylish. Spesifikasi
keamanannya luar biasa, dengan spesifikasi dalam mobil dan desain kabin yang
mewah. Kontrol dalam mobil sangat rapi dan memberikan pengguna pengalaman
berkendara yang sangat baik.
2.
PRICE
Mobil buatan
Italia ini memang sudah tak asing lagi bagi para warga di hampir seleuruh dunia
ini, pasalnya mobil sport termahal di dunia ini memang sangat banyak di gemari
oleh para penggila otomotif di manapun berada. Selain di jual dengan harga yang
sangat mahal, mobil sport lamborghini ini juga di produksi hanya berapa item
saja dari setiap tipe yang di ciptakan pabrikan Italia ini. Harga Lamborghini
di Indonesia Mulai dari Rp 888.888.888,00 – ±15.000.000.000,00 per unit.
3.
PLACE
untuk saat
ini, saluran distribusi pemasaran di Indonesia terpusat di 2(dua) kota terbesar
yaitu, Jakarta dan Bali dengan pangsa pasar yang berbeda.
4.
Promotion
Lamborghini
memperkenalkan model balap terbarunya, Huracan GT3 yang disiapkan [5]untuk
berkompetisi di ajang Blancpain Endurance Series 2015. Berbeda dengan Huracan
versi standar, mobil balap GT3 ini hanya menggunakan sistem penggerak roda
belakang.
Mesin masih mengandalkan, 5.2 liter, V10, dipadu dengan transmisi 6-percepatan sekuensial. Semua modifikasi yang dilakukan murni untuk tujuan balap di lintasan sirkuit. Bobot Huracan juga dipangkas menjadi tinggal 2.732 pound (1.239,2 kg) dari berat kosong normal 3.135 pound (1.422,01 kg). Namun, bobot final mobil ini akan difinalisasi oleh FIA untuk menjaga kompetisi tetap sehat.
Bagi Anda yang mau punya Huracan GT3, Lamborghini sudah mengeluarkan harga resminya, 369.000 euro (Rp 5,34 miliar) belum termasuk pajak. Ketika memperkenalkan mobil balap ini, menariknya di beberapa bagian bodi mobil tertempel tulisan Pertamina, Pertamax, dan Fastron yang merupakan produk dari Pertamina (Persero). Perusahaan energi plat merah ini resmi menjadi mitra teknis bagi Automobili Lamborghini untuk kegiatan motorsport Lamborghini, yaitu 18 seri Lamborghini Super Trofeo di Amerika.
Pertamina memasok kebutuhan pelumas Fastron Platinum, SAE 10W-60 dan bahan bakar Pertamax Racing untuk Automobili Lamborghini pada setiap ajang balap yang dikuti tim Lamborghini Squadra Corse. “Kami bangga menjadi mitra Automobili Lamborghini, yang dikenal sebagai produsen mobil super di dunia. Kerjasama ini menjadi kesempatan pembuktian kualitas produk Pertamina," jelas Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang dalam keterangan resminya.
Mesin masih mengandalkan, 5.2 liter, V10, dipadu dengan transmisi 6-percepatan sekuensial. Semua modifikasi yang dilakukan murni untuk tujuan balap di lintasan sirkuit. Bobot Huracan juga dipangkas menjadi tinggal 2.732 pound (1.239,2 kg) dari berat kosong normal 3.135 pound (1.422,01 kg). Namun, bobot final mobil ini akan difinalisasi oleh FIA untuk menjaga kompetisi tetap sehat.
Bagi Anda yang mau punya Huracan GT3, Lamborghini sudah mengeluarkan harga resminya, 369.000 euro (Rp 5,34 miliar) belum termasuk pajak. Ketika memperkenalkan mobil balap ini, menariknya di beberapa bagian bodi mobil tertempel tulisan Pertamina, Pertamax, dan Fastron yang merupakan produk dari Pertamina (Persero). Perusahaan energi plat merah ini resmi menjadi mitra teknis bagi Automobili Lamborghini untuk kegiatan motorsport Lamborghini, yaitu 18 seri Lamborghini Super Trofeo di Amerika.
Pertamina memasok kebutuhan pelumas Fastron Platinum, SAE 10W-60 dan bahan bakar Pertamax Racing untuk Automobili Lamborghini pada setiap ajang balap yang dikuti tim Lamborghini Squadra Corse. “Kami bangga menjadi mitra Automobili Lamborghini, yang dikenal sebagai produsen mobil super di dunia. Kerjasama ini menjadi kesempatan pembuktian kualitas produk Pertamina," jelas Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang dalam keterangan resminya.
3.4. Analisis SWOT
Analisa SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis
untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisa ini didasarkan pada hubungan atau
interaksi antara unsur-unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap
unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman.
Kekuatan - Strength (S)
Setiap tahunnya Lamborgini Indonesia
harus mengendalikan biaya promosi agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk
promosi produk tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak yang menjadi
pemborosan perusahaan dan supaya tingkat penjualan tidak menurun. Lamborghini
Indonesia melakukan
pendistribusian yang sesuai dengan target pasar, produk yang dihasilkanpun
harus memenuhi dengan minat konsumen. Lamborghini Indonesia menambah
unggulan-unggulan terhadap produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas
produk yang ingin dipasarkan, mengutamakan keselamatan pengemudi, melihat
kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan yang menjadi daya
tarik konsumen terhadap produk yang dipasarkan.
Kelemahan - Weakness (W)
Harga yang dibandrol per unitnya bisa dibilang
termaksud mahal, tetapi sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan. Service
dan suku cadangnya terbatas, hanya berada di dealer resmi saja. Produknya limited
edition setiap tipe yang dikeluarkandan terlalu banyak inovasi.
Peluang -
Opportunities (O)
Lamborghini
Indonesia mempunyai peluang besar, untuk memasarkan produknya. Pabrikan Italia ini memiliki orientasi pasar, dimana produksi yang
dilakukan oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar. Perusahaan
selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun
kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan inovasi guna
memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Ancaman - Threats (T)
Ancaman terbesar datang dari krisis ekonomi, Penjualan bisa turun
sampai 80 persen sepanjang tahun 2015 ini," kata CEO Lamborghini Jakarta
Johnson Yaptonaga. Johnson menyebutkan kenaikan tarif pajak yang dikenakan
terhadap mobil-mobil mewah, menjadi salah satu penyebab lain ancaman terjun
bebas penjualan Lamborghini di Indonesia tahun ini. pajaknya naik dari 75
persen menjadi 125 persen, sekarang hampir tidak jualan sama sekali. Lamborghini Indonesia harus melakukan promosi yang agresif dan luar biasa, dan membuat harga
produknya dibawah dari produk yang lainnya, ditambah keunggulan-keunggulan
lain. Sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dengan baik. Agar tidak kalah dengan
perusahaan lain dalam persaingan pasar.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Setiap tahun Lamborghini Indonesia mengalami penurunan dan
kenaikan pada biaya produksi, biaya distribusi dan penjualan. Harus mewaspadai
pesaing-pesaing terdekat. Melihat produk dari perusahaan yang menjadi pesaing
dengan melakukan riset terhadap pasar. Menambah unggulan-unggulan terhadap
produk yang akan dipasarkan, memperhatikan kualitas produk yang ingin
dipasarkan, melihat kebutuhan dari konsumen dan perusahaan melakukan gebrakan
yang menjadi daya tarik konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Jika dari
biaya promosi, biaya distribusi, serta strategi-strategi yang menjadi modal
perusahaan dapat berjalan baik dan sesuai dengan apa yang diinginkan,
perusahaan tidak akan mengalami penurunan disetiap tahunnya. memiliki kemampuan
untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang
heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan
konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
Teori
Komunikasi Bisnis
http://www.lamborghini.com/en/home/
http://www.lamborghini.com/en/company/news/
https://id.wikipedia.org/wiki/Lamborghini#Dokumen_perusahaan
http://www.lamborghini.com/en/company/corporate-responsibility/
http://www.bumn.go.id/pertamina/berita/5644/Lamborghini.Gandeng.Pertamina.di.Ajang.Balap.Internasional/okezone.com
http://tyasnilafransiska.blogspot.co.id/2015/04/manajemen-strategik
http://dianrasidah.blogspot.co.id/2015/03/tugas-praktikum-manajemen-pemasaran
http://www.beritasatu.com/lesunyapenjualanlamborghini
Sumber Utama :
PT. Artha Auto
[1]
Teori Komunikasi Bisnis
[2] http://www.lamborghini.com/en/company/news
[4]
http://www.lamborghini.com/en/company/corporate-responsibility/
[5] http://www.bumn.go.id/pertamina/berita/5644/Lamborghini.Gandeng.Pertamina.di.Ajang.Balap.Internasional/okezone.com
[6]
http://www.beritasatu.com/lesunyapenjualanlamborghini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar